MIP Batch#2 week-7

NHW week-7

Gambar terkait

📚 Nice Homework #7 📚

*TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar.

Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6
Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.

🍀 Ketahuilah tipe kekuatan diri (strenght typology) teman-teman, dengan cara sbb :

1⃣masuk ke www.temubakat.com

2⃣isi nama lengkap anda, dan isi nama organisasi : Ibu Profesional
jawab Questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya

3⃣Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini.

4⃣ Lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7

🍀 Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran

Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA

Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA

Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

Bismillah,

Tugas pertama adalah membaca hasil ST30 dan mencocokkan dengan NHW 1-6, dan inilah hasilnya.

http://temubakat.com/st30/index.php/main/disp/result/drawmap?uid=331334122311121331333344335235

Menurut hasil test ST 30 ini, 7 urutan bakat teratas saya adalah analyst, communicator, educator, evaluator, explorer, journalist, dan motivator. Adapun 5 bakat terbawah saya adalah commander, safekeeper, seller, strategist, dan visionary.

Saya termasuk tipe analyst. Saya adalah orang yang berpikiran analitis, suka akan data dan angka-angka. Kalau dari penjabarannya, profesi yang cocok untuk saya adalah pialang, trader bursa saham,system analyst, programmer, peneliti, dsb.  Mmmm, sepertinya bakat saya jadi peneliti nih. Menurut tes ini lagi, saya memiliki bakat sebagai communicator. Orang yang memiliki bakat communicator dapat  ini menjabarkan ide yang biasa menjadi luar biasa. saya gitu gak yah??terkadang sih, sesuatu di buat jadi lebay..hahaha…

Selain itu saya juga memiliki bakat educator, yaitu selalu ingin melihat orang lain maju dan memajukan orang lain dengan cara mengajar, memberi keterampilan, dll. Ya, memang sesuai dengan profesi saya sih..Guru. Saya juga memiliki bakat evaluator, yaitu orang yang memiliki kemampuan analitis, teliti dan sesuai urutan. ini juga selaras dengan bakat saya yang lain yaitu explorer. Explorer adalah orang yang suka mengumpulkan informasi dan mempelajari sesuatu.

2 bakat terakhir yang saya miliki adalah journalis dan motivator. Orang yang memiliki bakat journalis mudah menyesuaikan diri, menjelaskan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa baik lisan maupun tulisan, banyak ide, dan berpikiran strategis. Sebelum menjadi guru, saya berprofesi sebagai reporter. Berarti selaras juga dengan bakat yang saya miliki ternyata. Hingga saat ini saya pun masih suka menulis di blog pribadi. Hanya, yang belum saya kuasai adalah manajemen waktu. Jadwal saya membersamai 3 anak balita amat sangat fleksibel. Jadinya harus curi-curi waktu untuk dapat tiap hari menulis. Bakat saya yang lain dari hasil tes ST30 yang lain yaitu motivator. Motivator ini suka memajukan orang lain dengan cara memberi semangat dan inspirasi. Terkadang sih, khusus materi yang saya kuasai betul saya baru banyak omong menggebu-gebu, tapi untuk materi yang tidak terlalu penting menurut saya, saya lebih banyak diam.

Dari 7 bakat teratas yang saya miliki, ternyata Alhamdulillah sudah sesuai dengan profesi maupun hal yang saya lakukan saat ini.

5 kelemahan teratas saya adalah commander. Commander ini agak keras kepala, suka mengambil resiko, berani menghadapi konflik, dan mengambil tanggung jawab. Saya memang orangnya gak gitu banget. Dari pada menghadapi konflik lebih baik saya berdamai, daripada mengambil resiko, lebih baik saya merencanakan segala sesuatu dengan matang, kalau keras kepala sedikit sih.. hehehe. Tapi anehnya, bakat terbawah saya adalah strategist. Menurut penjabaran ST30 ini, saya tidak bisa merencanakan jalan terbaik untuk mencapai tujuan. Padahal, saya selalu membuat jadwal dan perencanaan dalam melakukan sesuatu. Selain itu bakat terbawah saya adalah visionary. Saya tidak biasa memandang jauh kedepan melalui kemampuan analitis maupun intuisi. Begitu gak ya? nggak juga sih. saya selalu membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang kok. tapi kadang memang suka bingung , ini right track atau nggak ya? Nah yang paling benar banget adalah saya tidak punya bakat selling. saya  biasa meyakinkan orang untuk membeli barang. kecuali barang itu saya anggap benar-benar bagus dan saya sudah berhasil membuktikannya.

Demikianlah hasil penjabaran dari hasil tes30 saya dalam web temubakat.com. Secara garis besar memang bakat saya yaitu educator, motivator, evaluator, communicator, dll menunjang profesi saya sebagai seorang guru. Hal ini sejalan dengan NHW sebelumnya yang memfokuskan diri saya untuk belajar membuat kurikulum pendidikan anak secara islami. Tinggal di pantau dan di evaluasi konsistensi rencana-rencana yang telah saya buat. Adapun untuk kekurangan yang saya miliki, sebaiknya di evaluasi juga. Pada prinsipnya meninggikan gunung dan meratakan lembah bukan?

Tugas kedua adalah dengan membuat 4 kwadran ke-suka-an dan ke-bisa-an

Kuadran  1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA

Sharing, merumuskan ide, bercerita, jalan-jalan, menulis, membaca

Kuadran 2  : Aktivitas yang anda SUKA tetapi  anda TIDAK BISA

bermusik

Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda  BISA

Bekerja diranah publik

Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

Memelihara binatang

Advertisements