MIP Batch #2 week-4

NHW week-4

Bunda dan calon bunda peserta Matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah semalam bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah berbasis hati nurani, maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Home Work#1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini?atau setelah anda merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang anda kuasai?
pada NHW #1, saya memilih untuk menekuni ilmu parenting. Sejalan dengan keikutsertaan saya di Matrikulasi Ibu Profesional hingga week 4 ini,saya merasa jika menekuni ilmu parenting itu cakupannya terlalu luas. Oleh karena itu, saya mem-break down ilmu parenting menjadi ilmu tentang pendidikan anak,dan membreak-down lagi menjadi ilmu mengenai kurikulum pendidikan anak. Hal ini saya lakukan sebagai persiapan juga untuk meng-“home schooling” kan anak-anak saya.

b. Mari kita lihat Nice Home Work#2, sudahkah kita belajar mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Checklist yang saya buat telah di coba di kerjakan secara konsisten, namun memang masih ada sedikit kendala..

– Dalam menjalani peran seorang individu, sholat tepat waktu masih belum konsisten..terkadang masih saja tergoda oleh kerjaan yang “nanggung”.Untuk tilawah dan tahfiz sudah mulai konsisten, karena saya menetapkan target yang tidak begitu tinggi sesuai kemampuan,yaitu 1lbr perhari untuk tilawah dan 1/3 halaman untuk tahfiz. Di jadwal me time saya, ada pengerjaan craft seminggu sekali. Hal ini akan saya kurangi jadi sebulan sekali karena bukan prioritas. Untuk buku, terkadang saya tidak disiplin 5 lembar perhari. Kalau lagi seru-serunya,300 halaman saya babat habis dalam beberapa hari,hehehe..Kegiatan menulis di blog dan menerjemahkan akan saya kurangi frekuensinya,tidak perhari,melainkan perminggu minimal 3 postingan atau hasil transletan.

– Dalam menjalani peran sebagai seorang istri, pun saya sudah berusaha konsisten, tapi untuk kegiatan ngobrol intensif dengan suami masih sulit rutin tiap hari, berhubung jadwal suami sebagai pemusik tidak pasti. Tetapi minimal 3 kali sehari atau di siasati via gadget. Lalu mengenai tampil rapi, masakan kelar dan rumah beres, waktunya masih belum beraturan. Ternyata sulit juga mencapai target, karena ada 3 balita dan tanpa art. Tetapi masih berusaha konsisten, minimal dalam seminggu gak konsistennya itu kurang dr 50%.

– Dalam menjalani peran sebagai seorang ibu, gangguan terbesar saya adalah gadget.. hehehe..mudah-mudahan kedepannya lebih disiplin.

c.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini?kalau sudah, kemudian tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup kita akan makin terlihat.

Contoh : seorang ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi bagi ibu lain. Bidang pelajaran yang membuat matanya berbinar-binar adalah pelajaran mengenai “ibu dan anak”.
Misi Hidup        : memberikan inspirasi kepada banyak orang
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran                   : Inspirator

Jawab:
Dalam keseharian saya suka mengamati pola tumbuh kembang anak. Saya mencoba mencari metode yang terbaik agar anak bisa tumbuh sempurna dan mendapatkan nutrisi bergizi bagi otak maupun tubuhnya. Mendidik anak secara islami-lah yang ingin saya fokuskan dengan menggunakan Al Qur’an dan hadis sebagai pedoman. Bidang yang ingin saya kuasai adalah metode pendidikan anak berbasis Al Qur’an dan hadis.
Misi hidup : mencari metode pengajaran islami yang tepat sesuai Qur’an hadist.
Bidang: Pendidikan anak
Peran : konseptor dan praktisi pendidikan anak

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Contoh : Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka tahapan ilmu yang harus saya kuasai adalah sbb:

    Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
  1. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
  2. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
  3. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
    Jawab:
    Untuk menjadi ahli di bidang pendidikan anak berdasarkan Qur’an hadist ilmu yang ingin saya kuasai adalah:
    a. berusaha hafal 30juz
    b. hafal minimal 1 kitab hadis
    c. faham tafsir ibnu katsir
    d. mengerti siroh nabawiyah yang terdapat dalam Al Qur’an
    e. faham konsep-konsep pengajaran dari ilmuwan besar islam dan memadukannya dengan konsep ilmuwan barat seperti pavlov, thorndike,rosseau, piaget,dll.
    f. belajar bahasa arab

    e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Saya dulu menetapkan KM 0 saya pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang saya di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari saya dedikasikan 8 jam waktu saya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.

Milestone yang saya buat saat itu :

KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang

KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan

KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif

KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

    Jawab:
    Mengikuti buku 7 habit, saya membagi milestone saya per 7 tahunan.. Saat ini saya berusia 34th, yaitu masuk ke 7 tahun kelima dalam perjalanan hidup,saya tetapkan sebagai km 0. Di 7 th ke enam (42 th), saya berharap sudah bisa menghafal Qur’an dan faham artinya..Lebih longgar satu tahun dari perhitungan saya di checlist nhw #2, yaitu 6 th.. berikut akan saya buat milestone saya:
    Km 0-km 1 (th 1):
    menguasai kuliah siroh nabawiyah budi ashari, hafal 5 juz pertama, paham tafsir 5 juz

    km1- km 2 (th 2):
    paham tafsir 5 juz kedua, hafal 5 juz ke dua, kuliah pedagogik tahun 1
    km 2- km 3 (th 3):
    paham tafsir 5 juz ketiga, hafal 5 juz ke 3, kuliah pedagogi th 2(akhir)
    km 3 – km 4 ( th 4):
    paham tafsir 5 juz ke 4, hafal 5 juz ke 4, hafal hadist separuh kitab, bahasa arab bayna yadaik buku 1
    km 4 – km 5 (th 5):
    paham tafsir 5 juz ke 5, hafal 5 juz ke 5, hapal hadist 1 kitab, bahasa arab baina yadaik buku 2
    km 5- km 6 ( th 6):
    paham tafsir 5 juz ke6, hafal 5 juz ke 6, bahasa arab baina yadaik buku 3
    km 6- km 7 (th ke 7) ;
    murojaah

    f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#1, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

    Jawab:
    ada yang sudah, ada yang belum. Yang belum contohnya ilmu siroh nabawiyah, hadist, dan pedagogik.. Hal tersebut akan segera di revisi.

    g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Jawab:
Bismillah, biidznillah, siap di lakukan dan konsisten..

Ini sejarah hidup saya dulu, maka buatlah sejarah hidup Anda.

Salam,

/Septi Peni/

 

Leave a Reply

