MIP batch#2 week-2

NICE HOME WORK #2

Bismillah..

Wah Mtrikulasi Ibu Profesional sudah masuk minggu ke-2 nih. NHW nya juga semakin menantang. Kali ini peserta di minta membuat checklist indikator profesionalisme perempuan. Checklist ini meliputi:

a. Perempuan sebagai seorang individu
b. Perempuan sebagai seorang istri
c. Perempuan sebagai seorang ibu

Apaan itu yah? Awalnya saya juga bingung sih, tapi setelah beberapa kali diskusi di WA akhirnya ada gambaran sedikit.

Prinsipnya  indikator yang kita buat itu jangan yang muluk-muluk. Jadi, kita sendiri bisa menjalankannya. Jika sudah berkeluarga, coba tanyakan kepada suami, indikator istri semacam apa sebenarnya yang bisa membuat dirinya bahagia, tanyakan juga kepada anak-anak, indikator ibu semacam apa sih yang bisa membuat mereka bahagia.Jadikanlah jawaban-jawaban mereka sebagai referensi pembuatan checklist kita.

Jika yang masih sendiri, maka buatlah indikator diri dan pakailah permainan “andaikata aku menjadi istri” apa yang harus aku lakukan, “andaikata kelak aku menjadi ibu”, apa yang harus aku lakukan.
Jadi, cobalah belajar membuat “Indikator” untuk diri sendiri.

Kuncinya, untuk membuat Indikator itu, kita singkat menjadi SMART yaitu:
– SPECIFIK (unik/detil)
– MEASURABLE (terukur, contoh: dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar)
– ACHIEVABLE (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)
– REALISTIC (Berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari)
– TIMEBOND ( Berikan batas waktu)

Terus, check list saya apa aja?  Di lanjut ya,…

  1. Sebagai individu

Untuk checklist yang satu ini, saya coba sesuaikan dengan hobi dan kegemaran saya.

  • Saya suka membaca dan menulis. Buku-buku yang sedang saya baca saat ini adalah buku-buku parenting dan novel.
  • Menceritakannya kembali dengan bahasa saya dan menuliskannya di blog pribadi.
  • Menerjemahkan hasil tulisan saya ke dalam bahasa inggris atau perancis, mengingat background saya memang jurusan bahasa asing.
  • Saya terkadang juga melatih kemampuan menerjemahkan dengan men”translate” novel bahasa asing yang saya baca.
  • Selain membaca dan menulis, saya suka belajar kerajinan tangan. Baik itu menjahit, membuat craft dari bahan tak terpakai, daur ulang sampah koran, dll.
  • Dalam hubungan dengan Tuhan, sebagai individu saya akan berusaha mengerjakan amalan-amalan wajib maupun yang di sunahkan diantaranya sholat tepat pada waktunya, sholat Dhuha, membaca ayat suci Al Quran dan artinya, hafalan qur’an dan Sholat tahajud. Pencapaian saya dalam beribadah insyaAllah akan saya tingkatkan setelah saya konsisten melakukan ibadah seperti di atas.
  • Selain itu, saya juga mulai mempelajari bahasa Arab melalui buku Al Arabiya bayna yadaik.
  1. 2. Sebagai istri

Sebagai istri saya akan berusaha untuk tidak selalu dasteran di rumah…upik abu cantik gitu lho…hehehe.. hal lain lagi yang akan saya capai:

  • menyiapkan kebutuhan suami sebelum berangkat dan menyiapkan kebutuhan sandang dan makanan untuk suami setiap hari (2x sehari) minimal jam 6 pagi dan 5sore.
  • Tampil cantik no daster sebelum jam 6 pagi dan jam 4 sore
  • mendiskusikan mengenai pendidikan anak-anak dan visi-misi keluarga serta berdiskusi agama setiap harinya.
  • Nonton bareng atau jalan berdua minimal 1 bulan 1x
  • Membangunkan suami sholat jamaah setiap hari min jam 4 pagi. (nah ini nih, suami begadang terus,jadi suka kesiangan subuh, maklum musisi…)
  • Bisa saling bertukar informasi tentang kekurangan pasangan min 1x per minggu
  • Komunikasi lewat telp/sms min 3x@day
  1. 3. Sebagai ibu

Anak-anak request ibu nya gak ngomel terus, hihihi… Jadi, untuk kebahagiaan bersama checklist saya sebagai seorang ibu akan saya isi dengan :

  • berusaha mengendalikan emosi, ngomel maksimal 1 sehari..hehehe
  • Kemudian memberi makanan dan camilan bergizi bagi anak dengan membuat menu per 7 hari
  • menemani mereka belajar dan berdiskusi dengan anak sebelum tidur minimal (Komunikasi efektif dengan keluarga pkl 19 21)
  • No gadget on Sunday, Hp dan internet maksimal 2 jam perhari itupun selingan ya, sembari masak, sembari nyuci, sembari nyapu,  hehehehe
  • Mampu mengalokasikan waktu untuk berbagi dengan teman komunitas parenting off line minimal 1x perbulan
  • Memeluk anak minimal 3 kali per hari.
  • Membaca buku parenting minimal 1judul perbulan
  • Mengajarkan anak belajar Qur’an dan hadis 1 jam/hari

Untuk lebih memperjelas dan mempermudah pemetaan checklist ibu professional, saya akan membuat table seperti di bawah ini. Setiap check list akan saya beri rentang waktu per 7 hari agar lebih mudah mengontrol dan mengevaluasi kegiatan saya.

Setiap harinya, rata-rata saya memiliki jadwal seperti ini:

Daily Activities

8:00-13:30           : At School

14:00-17:00         : U’r time………………..3 hours

19:30-22:30         : U’r time………………..3 hours

2:00-3:00              : QL

3:00-5:00              :U’r time………………..2 hours

5:00-5:30              : Pray+reading Qur’an.

5:30-7:00              : IRT

7:00-8:00              : to prepared

Dari jadwal di atas, saya memiliki 8 jam free time dan harus di gunakan sebaik-baiknya untuk mengaktualisasikan diri saya sebagai individu, istri dan ibu. Untuk membaca Al Qur’an+arti, saya hanya menargetkan sehari .dengan asumsi 1 juz 10 lembar, 30 juz berarti 300 lembar. Jika saya ingin satu tahun minimal 3 kali khatam selain romadhon, maka 900 lembar: 10 bulan (saya genapin biar enak ngitungnya), 90 lembar. Berarti 1 hari = 90 lembar: 30 = 3 lembar per hari atau 6 halaman perhari.

Untuk tahfidz saya coba menargetkan 6 tahun tahfiz. Insya Allah. Berarti, 300 lembar:6 = 50 lembar pertahun : 10 bulan (karena  bulan untuk murojaah) =5 lembar per bulan. Jika di bagi 30 hari maka, seharinya menghafal 5 lbr x 2 =10 halaman : 30 = 1/3 halaman per hari.

My Daily Goal

Period: 1-7 November 2016

No Activity

 

Goal 1 2 3 4 5 6 7
1. Individual

– Reading Qur’an+Translation 6p@day

– Memorize Qur’an 1/3 p@day

– Pray On Time, 2x jamaah

– Dhuha

– Qiyamul lail

Translation 1 day 1 item 500 word

a.       En-Ind

b.      Ind-Eng

c.       Fr-Ind

d.      Ind-Fr

e.      Eng-Fr

f.        Fr-Eng

– Blog min 3x post@week

– Reading book 5 page @day

– Arabic 5 page@day

– Craft on Sunday 2hours@week

 

 

QS:

 

QS:

Late/on time

Late/on time

Late/on time

 

Title:

 

 

 

 

 

 

Title:

Title,page:

Page:

Sewing/kokoru/recycling/etc

 

             
2. U’R Soulmate

– being a pretty wife before 7am and 4pm every day

– prepare on food and cloth before 6am

– discussion about kids, our visions, missions,  3 hours@day

– Go to cinema or spend “our-time” min 1x week

– wake my husband up at 4 am

– sharing my weakness  on marriage min 1x@week

– Commucation via gadget min 3x@day

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             
3. Mother

– yelling and angry not more than 1x @day

– menu for 7 day

– effective communication 19-21

– NGOS

– gadget  2h@day

– learning qur’an 1 h@day

-read parenting book 1/month

– kopdar with Home Edu 1 time@month

– embrassing child min 3 times@day

 

 

 

 

 

Activity:

 

 

 

 

Activity:

 

 

             

Voila, itu lah check list NHW 2 saya, semoga di mudahkan oleh Allah SWT dan bisa di jalankan dengan konsisten. Aaamiin..

 

Leave a Reply

