MIP Batch#2 week 1

NICE HOMEWORK #1

NICE HOMEWORK #1

ADAB MENUNTUT ILMU

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #2, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.

Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.

Dalam materi “ADAB MENUNTUT ILMU” kali ini, NHW nya adalah sbb:
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini!

Salah satu ilmu yang akan saya tekuni dalam universitas kehidupan ini adalah ilmu tentang  “parenting” termasuk di dalamnya mengenai cara me-menage diri untuk menjadi seorang wanita seutuhnya yaitu menjadi individu yang selalu bahagia, istri yang selalu layak mendampingi suami dan menjadi ibu yang dapat mencetak generasi perubah peradaban.

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

Saya akui, walaupun saya patut berbangga dengan didikan orang tua saya terutama ibu yang mampu membesarkan 7 orang anaknya dengan baik, tetapi saya merasa masih ada kekurangan dalam mendidik di sebabkan keterbatasan beliau. Saya ingin berusaha menambal kekurangan itu dengan mempelajari ilmu “parenting”. Ibu saya mendidik anak-anaknya dengan keras, dengan harapan dapat menjadi pribadi yang tangguh di masa depan. Sayangnya, terkadang di barengi dengan perkataan dan tindakan kasar. Saya cermati hal demikian juga di lakukan oleh nenek saya kepada ibu saya. Saya sadar, hal tersebut tidak boleh di biarkan terjadi dan terus menjadi lingkaran setan dalam keluarga saya. Saya mampu, bisa dan memiliki kesempatan memutus rantai kekerasan tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan mempelajari ilmu “parenting”. Karena saya yakini, dengan mempelajari ilmu tersebut, selain pemutusan rantai kekerasan, banyak hal positif lain yang bisa saya dapat. Dalam mempelajari ilmu parenting, saya berharap bisa belajar untuk menguasai 3 peran. Pertama, Peran menjadi individu yang selalu bahagia, sehingga anak-anak bahagia dan kekerasan tidak terjadi. Kedua, peran sebagai istri yang layak mendampingi suami dan terakhir peran menjadi ibu yang dapat mendidik ketiga anak saya lebih baik dari generasi sebelumya.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Strategi menuntut ilmu yang akan saya rencanakan dalam mempelajari ilmu parenting adalah dengan:

  1. Meminta kepada Allah untuk di mudahkan dalam menuntut ilmu dengan memperbaiki kualitas diri dan ibadah kepada-Nya, misalnya melaksanakan sholat tepat waktu secara rutin, mengerjakan sholat dhuha dan tahajud secara rutin, tilawah+arti minimal 1 halaman per hari, tahfidz minimal 1 ayat perhari, dll.
  2. Membaca buku parenting minimal 5 halaman perhari
  3. Ikut komunitas berbau “parenting” (mis:IIP, Banten Home based Education, Amblesside Online, Indonesian Home schooler, dll), minimal mendapat satu ilmu baru setiap minggunya dan saya rangkum kembali dengan bahasa saya sendiri di dalam blog pribadi dan media social lainnya agar dapat di baca kembali oleh diri sendiri maupun orang lain.
  4. Mengikuti seminar parenting minimal satu tahun 2 kali, mengingat masih punya 2 balita yang masih sulit di ajak bepergian jauh.
  5. Berkomunikasi dan mendiskusikan hasil belajar “parenting” dengan suami minimal 20 menit perhari dan mencoba mengaplikasikannya di rumah.
  6. Berkomunikasi (aka ngobrol) dan mendiskusikan aplikasi parenting dengan anak-anak sebelum mereka tidur minimal 20 menit.
  7. Berdiskusi dan bersilaturahmi dengan teman yang se-jalan untuk bertukar informasi ataupun sharing pengalaman minimal seminggu sekali.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Belajar atau menuntut ilmu pada dasarnya adalah berusaha untuk mengubah perilaku dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Arah lebih baik yang saya harapkan diantaranya:

  1. Saya akan berusaha tidak setengah-setengah dalam mencari ilmu. Setelah satu sumber saya dapatkan, saya akan mencari sumber lain dan akan saya coba padu padankan. Misalnya, tentang kurikulum atau metode mendidik anak, yang saya kenal dari “barat” yaitu metode Charlotte Maison dan Montessori, akan saya bandingkan dan padu padankan dengan metode Islami ynag bersumber dari Al Qur’an dan ajaran Rosulullah SAW ( bisa di lihat di grup Homeschooling Muslim Nusantara, Ust, Harry Santosa, ust. Adriano, Ayah Edy, Ibu Septi dengan sekolah Lebahnya, Mas Aar dan Mba Lala, Pak Bukik dengan taman takita-nya, dll)
  2. Tekun mengulang apa yang sudah di pelajari dengan menuliskannya kembali di dalam blog pribadi maupun media social lainnya agar dapat dibaca dan dipelajari kembali baik oleh diri sendiri maupun orang lain.
  3. Saya akan mencoba berdamai dengan diri saya, dengan keadaan saya, dengan emosi saya, dan dengan kekurangan saya agar dapat menerima ilmu dan menyerapnya dengan lebih baik.
  4. Saya akan berusaha me-manage waktu dan konsisten dalam mentaati jadwal harian yang telah saya buat.
  5. Meluruskan kembali niat menuntut ilmu untuk diamalkan tanpa pamrih (terkadang emak-emak suka matre pikirannya bisnis mulu, hehehehe.–boleh gak sih?)

*Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia*

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/

*Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Leave a Reply

