writing tips

Lay Out Buku Sendiri, Why Not?

Lay outing adalah pengaturan tata letak buku. Kalau kita ingin menerbitkan buku, proses layouting ini harus kita lakukan. Nah, kalau bisa layout sendiri akan lebih menghemat biaya produksi buku bukan? Nah,  apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk membuat naskah siap cetak? Saya coba jabarkan ya, diantaranya:

  1. Mengubah ukuran kertas dari HVS atau A4 ke ukuran buku secara umum
    ukuran format buku biasanya sekitar ukuran A5(14,8x21cm) atau juga beberapa ukuran lain seperti 13x19cm, 14x20cm, dan lain sebagainya. Format tersebut dibuat agar pembaca nyaman membacanya.
  2. Mengatur Margin buku
    Margin merupakan jarak antara sisi kertas dengan tulisan atau text.

Baik itu sisi kanan, kiri, atas dan bawah. Dalam memformat buku, penting untuk mengatur jarak ini sebaik mungkin. Karena jika margin luar terlalu kecil, bisa terpotong saat perapihan buku setelah dicetak, juga jika margin dalam terlalu kecil, bisa membuat pembaca tidak nyaman karena terlalu dekat dengan bagian buku yang di lem.

Nah, bicara soal margin luar dan margin dalam, margin halaman untuk format buku kanan dan kiri dibuat berbeda. Atau halaman ganjil dan genap dibuat berbeda. Karena untuk halaman ganjil atau yang di sebelah kanan, bagian kertas yang dilem adalah yang disebelah kiri, sedangkan pada halaman genap atau yang di sebelah kiri, bagian kertas yang di lem adalah yang di sebelah kanan.

  1. Membuat halaman judul dan halaman di balik judul
    Pada buku, tentu di bagian awal adalah halaman judul. Untuk halaman judul terdiri dari Judul buku, penulis, dan juga penerbit. Sementara untuk halaman di balik judul berisi judul buku, penulis, penerbit, orang yang terkait dalam proses penerbitan seperti editor, layouter, yang mendesain cover, dll. Kemudian ada juga no. ISBN, dll.
  2. Membuat halaman header dan footer format buku
    Untuk format buku, jika ada header, footer dan halaman, posisinya berbeda antara halaman ganjil dan genap. Pada halaman ganjil, posisi nomer halaman dan footer ada di sebelah kanan karena bagian terluar dari halaman ada di sebelah kanan.

Sementara untuk halaman genap, posisi nomer halaman dan footer ada di sebelah kiri, karena bagian terluar dari halaman ada di sebelah kiri. Di bagian tersebut, selain halaman biasanya juga dicantumkan judul buku, atau bisa nama penulis.

  1. Mengatur font, judul bab, naskah, dll.
    Bagian bab, subbab, isi naskah, tentu menggunakan font yang berbeda ukurannya atau jenisnya. Buatlah penamaan yang berbeda untuk masing-masing font tersebut.

Misalkan untuk isi naskah menggunakan font times new roman dengan ukuran 12, bagian judul bab menggunakan menggunakan font yang lebih besar. Anda juga bisa atur formatnya. Misalkan untuk bagian isi naskah menggunakan justify, sedangkan bagian judul menggunakan penempatan di tengah, dan lain sebagainya.

  1. Membuat daftar isi
    Daftar isi adalah bagian yang sangat penting. Terlebih jika naskah Anda terdiri dari beberapa bab dan subbab. Tentu daftar isi penting untuk membuat pembaca melihat terlebih dahulu apa saja judul bab dan di halaman berapa mereka bisa membacanya.

Seringkali, ketika penerbit menerima naskah dari penulis, daftar isi yang mereka buat masih manual dengan menuliskan judul dan halaman satu per satu. Padahal sebenarnya ada cara untuk membuat daftar isi sangat simpel dan hanya dalam hitungan detik selesai.

  1. Convert naskah ke pdf
    Setelah selesai proses formating, sebelum dicetak, convert naskah ke file pdf agar tidak berubah lagi.

Setelah mengerjakan hal-hal diatas, maka naskah sudah siap cetak. Mau coba?

Referensi : Penerbit Rasibook

Advertisements

One thought on “Lay Out Buku Sendiri, Why Not?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s