blog tips

Cara Membeli Domain di Toko WordPress

Sebagai pendatang baru di dunia blogger, saya mau share sedikit tentang cara membeli domain di toko wordpress. Semoga berguna untuk para blogger yang ingin upgrade blog dan mempunyai domain sendiri πŸ˜‰.

Membeli Domain dan menyewa Hosting di WordPress biayanya 18 USD per tahun (untuk dot.com) untuk dot.orgΒ  dan dot.me 25 USD per tahun. Di WordPress blog kita tanpa www ya. Misalnya saat ini saya ingin membeli nama domain baru ehasolihat.com jadi nantinya domain hanya diawali http://www.ehasolihat.com. Tanpa ada embel-embel wordpress.com.

Apa bedanya wordPress.com dan WordPress.org? jelas banget beda dari harganya .com 18 USD sedangkan .org 25 USD pertahun. Di .org kita bebas mengelola blog pasang kode html, bebas pasang iklan; sedangkan .com hanya bisa pasang iklan melalui Wordads. Perbedaan lainnya silakan baca http://en.support.wordpress.com/com-vs-org

Bagaimana Cara Membeli Domain di Toko WordPress:

1. Masuk ke dashboard blog (wordpress), lihat bagian kiri, pilih β€œToko”

Masuk ke Dasboard blog, Lihat bagian kiri, Pilih Toko

2. Β Setelah Masuk Toko WP pilih yang mau kita beli, dalam hal ini saya ingin membeli domain & Hosting, jadi pilih β€œTambah domain”. Jika kamu mau pelajari terlebih dahulu, klik β€œPelajari Lebih Lanjut”.

 

3. Saya cek dulu domain yang mau saya pakai, apakah sudah ada yang punya atau belum?. Saya mau punya domain baru β€žkebunbungaku.comβ€œ Saya cek di godaddy.com.

 

Asyikk nama yang saya inginkan belum ada yang punya. Saya berada di Jerman, jadi Go Daddy menawarkan domain dengan dot.de atau bisa juga dengan .net ; .info atau .org harganya berbeda-beda.

Berhubung saya ingin beli domain dan sewa Hostingnya di toko WordPress (disatu tempat saja supaya tidak bingung mengurus pembayaran), jadi mari kembali lagi ke WP.

Dari β€žTambah Domainβ€œ lalu klik β€žBeli Sekarangβ€œ dan masukkan nama domain yang kamu pilih. Dalam hal ini saya ketik kebunbungaku.com lalu klik β€žTambahkan Nama Domain ke Blogβ€œ

Masukkan Nama Domain ke Toko WP

 

4. Untuk Melengkapi Pembelian Masukkan Biodatamu, yang ada tulisan β€œwajib” maka wajib kamu isi datanya.

Untuk Melengkapi Pembelian Masukkan Biodatamu

 

*Setiap yang membeli domain wajib memasukkan nama, email, no telp dan alamat. Dan Data ini akan terlihat di publik. Namun kalau kamu ingin data-datamu disembunyikan, biayanya 8 USD. Pada bagian bawah formulir biodata ada kolom yang harus kamu tandai.

 

Bagi kamu yang tertarik biodatamu dibuat tertutup, caranya klik disini

Mengapa biodata kita dibuat tertutup (privat) apa kepentingannya. silakan baca disini

Berhubung saya tidak mau nambah 8 USD *pelit.com πŸ˜†, jadi saya pilih pendaftaran biasa Just Normal Registration. Kalau tidak mau nambah 8 USD (untuk biodata dibuat privat) kosongkan kolom bagian bawah dan langsung klik β€œRegister Domain” dan klik Just Normal Registration.

Kalau kamu merasa tidak cocok, tidak puas, apapun itu yang intinya mau cancel tidak beli domaian di WorPress, maka Upgrade (pembelian) bisa dikembalikan dalam waktu 48 jam setelah pembelian, uang kamu akan dikembalikan utuh πŸ˜‰. Info lainnya untuk cancel Domain klik disini.

Upgrade (pembelian) bisa dikembalikan dalam waktu 48 jam setelah pembelian, uang kamu akan dikembalikan utuh

5. Lanjut, sekarang melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan dua cara, dengan kartu kredit dan Paypal. Tinggal pilih salah satunya. Lengkapi datanya, dan dibagian bawah klik β€žPurchaseβ€œ (Beli).

Saya tidak punya kartu kredit. Saya sudah daftar paypal tapi tidak bisa diaktifkan karena paypal butuh kartu kredit atau kartu debit yang ada logo Visa atau Master, sedangkan kartu debit (Indonesia) saya hanya ada logo Maestro dan Cirrus 😐.

Minta suami turun tangan hehe :mrgreen:. Kartu kredit suami yang prepaid, artinya setor duit dulu baru kartunya bisa dipakai (pernah dengar yang model gini?) menurutku sih itu seperti kartu debit dong πŸ˜›. Untunglah suami mau bikin account Paypal, dan untungnya paypal bisa menerima kartu kredit dia, Cihuyyy!. 😎

Jadi saya pilih pembayaran dengan Paypal, masukin data paypal suami, dan lanjut hubungan ke Paypal kita untuk melengkapi proses pembelian.

Untuk Melengkapi Pembayaran Hubungkan ke Data Paypal
6. Pembayaran sudah diurus, sekarang urus langkah berikutnya. Balik ke toko, pilih β€žDomain-domainβ€œ dan pilih (tandai) domain baru kamu sebagai yang utama. Terlihat WP gratisan kita akan tetap disana, jadi tidak akan hilang ko. Setelah pilih domain baru lalu klik β€œUpdate Primary Domain”.

Pilih Domain baru kita Menjadi yang Utama

7. Klik Edit DNS lalu pilih atau masukkan Custom DNS dibawah ini

NS1.WORDPRESS.COM
NS2.WORDPRESS.COM
NS3.WORDPRESS.COM

Klik save (simpan)

Klik Edit DNS

Informasi ini mungkin berguna juga http://en.support.wordpress.com/domains/change-name-servers

8. Setelah semua langkah dilakukan, otomatis domain baru kita akan aktif. Semua tulisan di blog wordpress yang gratisan akan otomatis terhubung ke yang baru. Mesin pencari seperti google akan mengantarkan pengunjung ke nama domain yang baru. Intinya semua tulisan di blog lama tidak akan hilang πŸ˜‰.

9. Kalau mau masuk ke blog tetap melalui http://www.wordpress.com username masukkan yang lama, contoh yang dulu punya saya usernamenya pursuingmydream lalu Nama domain baru saya pursuingmydreams.com ada tambahan s dibelakangnya, ya tetap gunakan username yang lama untuk masuk πŸ˜‰.

Punya masalah, ada yang mau ditanyakan, ingin hubungi customer service WordPress silakan ke http://en.support.wordpress.com/contact

Sahabat blogger tidak punya kartu kredit, tidak punya paypal?, namun ingin tetap upgrade melalui toko wordpress? Berikut ini informasi dari forum wordpress Indonesia klik disini

Selamat Mencoba! πŸ˜‰.

Leave a Reply

