translated work

Latihan Terjemah

Kali ini saya akan coba mempublikasikan hasil terjemahan saya berdasarkan file yang terdapat di grup HPI.

The Benefits of Technology Implementation in Education

Basically, technology is created to ease humans’ work. Nowdays technology has become the primary needs of humans. Even technology has been used in all aspects of human life, such as in the fields of medicine, communications, military, transportation and education. From those various fields, the implementation of technology in education is still very limited. In reality, the implementation of technology is more widely used in the field of entertainment. This utilization will actually cause a lot of problems such as abus and harm to the health. Nevertheless, if implemented in education, technology can assist and accelerate educational purposes. Here are some advantages of the application of technology in education.

Technology can help teachers teach

It can be a tool for teachers to convey their teaching materials to students. With the use of technology in the learning process, teachers can deliver course material with very easy and effective. Teachers who teach using the technology will usually be easier to achieve their learning goals.

Technology will spark teachers’ creativity

It can create creativity sense of teachers. They can be more creative in creating teaching methods. With it, they will be encouraged to be creative because the technology is just a tool that requires a person to operate it. Without teachers, it cannot affect in education optimally.

Technology helps students learn

Implementation of technology in teaching and learning will make students more nterested in following lessons. If students are interested in what the teacher taught, it is not necessary to ask students to be serious in learning because students will be active automatically and will not feel the boredom due to learning.

Technology can create exciting learning activities

With the technology teachers can create exciting learning atmosphere. It is very good to trigger the students’ understanding in learning so that they will understand quickly what is conveyed by the teacher. In addition, the students also will not feel bored because they would love to learn with learning methods that is interesting.

Make students easy to find source of learning

Technology information especially internet, provides a wide range of learning resources that can be accessed by students anytime and anywhere. They can get all the references that they need for free. The more they learned from different sources, the smarter students will be.

Technology can raise school standards

Schools which are using technology in the teaching process will improve their quality. The school will be favorite school and become a destination for students to study at the school.

Technology makes students have wide insight

Students who use the technology properly will have extensive knowledge. They can get the latest information or the development of the world quickly. Even they can be active in the international forums of communication that can train them to be proactive students.

Based on the discussion above, it can be concluded that the technology is very useful in education world especially good for teachers, students and schools. Therefore education practitioners should use technology in education.

nah, ini hasil terjemahan saya:

Manfaat Penerapan Teknologi dalam Dunia Pendidikan


Pada dasarnya, teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Saat ini teknologi telah menjadi kebutuhan primer manusia. Bahkan teknologi telah digunakan dalam s
eluruh aspek kehidupan manusia, seperti dalam bidang kedokteran, komunikasi, militer, transportasi dan pendidikan. Jika dibandingkan dengan bidang yang lain, penerapan teknologi dalam pendidikan masih sangat terbatas. Pada kenyataannya, penerapan teknologi lebih banyak digunakan di dunia hiburan. Pemanfaatan teknologi seperti ini benar-benar akan menimbulkan banyak sekali masalah mulai dari resiko penyalahgunaan hingga bahaya kesehatan. Namun, jika diterapkan dalam dunia pendidikan, teknologi dapat membantu dan mempercepat tujuan pendidikan. Berikut ini beberapa keuntungan dari penerapan teknologi dalam dunia pendidikan.

Teknologi dapat membantu guru dalam mengajar
Teknologi dapat menjadi alat bagi guru untuk menyampaikan materi pengajaran kepada siswa. Dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, guru dapat mnyampaikan materi pelajaran dengan sangat mudah dan efektif. Guru yang mengajar menggunakan teknologi biasanya akan lebih mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Teknologi dapat memicu kreativitas guru
Dengan adanya teknologi, rasa kreativitas guru akan terbangun. Mereka dapat lebih kreatif menciptakan metode pengajaran. Dengan teknologi, guru didorong untuk menjadi kreatif karena teknologi hanyalah alat yang membutuhkan seseorang untuk mengoperasikannya. Tanpa guru, teknologi tidak akan berdampak optimal.

Teknologi membantu siswa belajar
Penerapan teknologi dalam proses belajar mengajar akan membuat siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran. Jika siswa tertarik pada apa guru yang guru ajarkan, maka tidak perlu lagi meminta siswa untuk lebih serius dalam belajar karena siswa akan aktif dangan sendirinya dan tidak akan merasa bosan belajar.

Teknologi dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik
Dengan teknologi guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini sangat baik untuk memicu pemahaman siswa dalam belajar sehingga mereka akan memahami dengan cepat apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu, siswa juga tidak akan merasa bosan karena mereka akan senang belajar dengan metode pembelajaran yang menarik.

Membuat siswa mudah untuk menemukan sumber belajar
Teknologi informasi khususnya internet, menyediakan berbagai sumber belajar yang luas yang dapat diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja. Mereka bisa mendapatkan semua referensi yang mereka butuhkan secara gratis. Semakin banyak mereka belajar dari sumber yang berbeda, maka para siswa akan semakin cerdas.

Teknologi dapat meningkatkan standar sekolah
Sekolah-sekolah yang menggunakan teknologi dalam proses pengajaran secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas sekolah tersebut. Sekolah akan menjadi sekolah favorit dan menjadi tujuan bagi siswa untuk belajar di sekolah tersebut.

Teknologi membuat siswa memiliki wawasan yang luas

Siswa yang menggunakan teknologi dengan tepat akan memiliki pengetahuan yang luas. Mereka bisa mendapatkan informasi terbaru atau perkembangan dunia dengan cepat. Bahkan mereka bisa aktif di forum-forum internasional yang dapat melatih mereka untuk menjadi siswa proaktif.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi sangat berguna dalam dunia pendidikan terutama bagi guru, siswa dan sekolah. Oleh karena itu parapraktisi pendidikan seharusnya menggunakan teknologi dalam dunia pendidikan.

Di bawah ini koreksiannya:

Manfaat Penggunaan Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Pada dasarnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah kerja . Pada saat ini, teknologi sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Bahkan, teknologi telah digunakan dalam seluruh aspek kehidupan manusia, seperti halnya dalam bidang pengobatan, komunikasi, militer, transportasi, dan pendidikan. Dari bermacam-macam bidang tersebut, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan masih sangat terbatas. Pada faktanya, penggunaan teknologi lebih banyak digunakan dalam bidang hiburan. Penggunaan seperti ini sebenarnya akan menyebabkan banyak sekali masalah seperti resiko penyalahgunaan sampai pada resiko kesehatan. Namun, jika digunakan dalam bidang pendidikan, teknologi dapat membantu perkembangan dunia pendidikan. Inilah beberapa keuntungan aplikasi teknologi dalam duna pendidikan.

Teknologi dapat membantu guru dalam mengajar

Teknologi menjadi suatu alat bagi para guru dalam penyampaian materi pengajaran kepada siswa. Dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, guru dapat menyampaikan materi dengan mudah dan efektif. Guru yang mengajar menggunakan teknologi biasanya akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Teknologi dapat memacu kreativitas guru

Teknologi mampu menimbulkan daya kreativitas guru. Guru akan mampu lebih kreatif dalam menciptakan metode pembelajaran. Dengan teknologi, guru akan terdorong untuk untuk jadi kreatif karena teknologi hanyalah suatu alat yang perlu di operasikan oleh seseorang. Tanpa guru, teknologi tidak akan berdampak secara optimal dalam pendidikan

Teknologi membantu siswa dalam belajar

Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar akan membuat siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran. Jika siswa tertarik dengan yang apa yang guru ajarkan, maka tidak perlu meminta siswa untuk lebih serius dalam belajar karena siswa akan menjadi aktif dengan sendirinya dan tidak akan merasa bosan dengan pelajaran.

Teknologi mampu menciptakan aktivitas belajar yang menarik

Dengan teknologi, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik. Hal ini dapat memicu pemahaman siswa dalam pelajaran, jadi siswa akan paham dengan cepat apa yang telah disampaikan oleh guru. Pada akhirnya, siswa tidak akan merasa bosan karena mereka akan suka belajar dengan metode pembelajaran yang menarik

Membuat siswa mudah dalam mencari sumber pembelajaran

Teknologi informasi khususnya internet, menyediakan sumber pembelajaran yang luas dan beragam, yang dapat diakses oleh siswa kapanpun dan dimanapun. Mereka bisa mendapatkan semua sumber referensi yang mereka butuhkan dengan gratis. Semakin banyak mereka belajar dari sumber yang berbeda, maka mereka akan semakin cerdas.

Teknologi mampu mengangkat standar sekolah

Sekolah-sekolah yang menggunakan teknologi dalam proses pengajaran secara tidak langsung juga sedang meningkatkan kualitas mereka. Sekolah akan menjadi sekolah favorit dan menjadi destinasi para siswa untuk belajar pada sekolah tersebut.

Teknologi membuat siswa mempunyai wawasan yang luas

Siswa yang menggunakan teknologi dengan tepat akan memiliki pengetahuan yang luas. Mereka bisa mendapatkan informasi terbaru atau tentang perkembangan dunia dengan cepat. Bahkan, mereka kan menjadi aktif dalam komunikasi forum-forum internasional yang dapat melatih mereka menjadi siswa yang proaktif.

Berdasarkan atas diskusi di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi sangatlah berguna dalam dunia pendidikan, khususnya baik bagi guru, siswa, dan sekolah. Oleh karena itu, para pelaksana pendidikan seharusnya menggunakan teknologi dalam dunia pendidikan.

Nah, berterima- kah hasil terjemahan saya?

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s