article

parlez francais, c’est super!

بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Hai manusia, Sesungguhnya Allah SWT menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al hujarat:13)..

yup, dari ayat diatas dapat dilihat bahwa kita, manusia, itu diciptakan oleh Allah swt dengan berbagai macam suku dan bangsa yang berbeda untuk dapat saling mengenal antara satu dengan yang lainnya (maaf untuk yang non islam, saya tidak tahu refensi yang relevan dengan ayat diatas,sepertinya sih sama). agar hal tersebut dapat terwujud, maka salah satu kunci utamanya adalah dengan mempelajari bahasa dari negara lain.

Kenapa sih bahasa Prancis tuh penting?????

Selain bahasa inggris, bahasa prancis,yang merupakan bahasa turunan dari bahasa latin kelompok bahasa roman, digunakan oleh lebih kurang 300 juta penduduk di berbagai negara di dunia.

Di Eropa sendiri, lebih kurang 127 juta penduduk dari 27 negara anggota Uni Eropa berbicara menggunakan bahasa Prancis di mana 59 juta menggunkannya sebagai bahasa pertama dan sisanya sebagai bahasa kedua setelah bahasa Jerman dan Inggris.

coba bayangin, banyak kan yang menggunakan bahasa prancis, bahkan, bahasa Prancis juga digunakan sebagai bahasa resmi pada beberapa organisasi internasional, seperti FIFA, IOC, PBB, dan Uni Eropa sendiri.

Di wilayah lainnya pun bahasa Prancis banyak digunakan. Di benua Amerika, negara-negara seperti Kanada, Haiti, dan negara-negara yang mempunyai ikatan kuat dengan Prancis menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi. Di Kanada, khususnya di provinsi Quebec, lebih dari 7 juta orang penutur bahasa Prancis sebagai bahasa ibu.

Di benua Afrika, sebagian besar negara-negaranya merupakan negara francophone (pays francophone, la francophonie), yaitu negara-negara yang berbahasa Prancis baik sebagai bahasa pertama maupun bahasa kedua. Pada tahun 2003, jumlah penduduk yang mampu berbahasa Prancis diperkirakan mencapai 115 juta orang. Jumlah tersebut tersebar di 31 negara francophone Afrika.

Di benua Asia, bahasa Prancis banyak digunakan di negara-nergara seperti Libanon (bekas jajahan koloni Prancis). Di India, bahasa Prancis menjadi bahasa ketiga pada sekolah setingkat SMP, khususnya di kota-kota provinsi Maharashtra, termasuk di antaranya di Mumbai.

Di Asia Tenggara, bahasa Prancis digunakan sebagai bahasa administratif di Laos dan Kamboja. Di Vietnam, bahasa Prancis sering digunakan oleh kaum elite. Seperti halnya di India, di Singapur pun sekitar 10% dari jumlah SMP yang ada, menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa pilihan di sekolah. Di Indonesia pun bahasa Prancis sudah mulai mendapat tempat, sekolah setingkat SMA khususnya sekolah yang berorientasi pada kepariwisataan menjadikan bahasa Prancis sebagai mata pelajaran. Hal tersebut pun didukung dengan sentra-sentra bahasa Prancis di seluruh Indonesia. Bahkan terakhir ini Perhimpunan Pengajaran Bahasa Prancis se-Asia Pasifik di ketuai oleh orang Indonesia.

nah, negara yang memakai bahasa prancis sebagai bahasa resmi disebut francophonie.
bwt lebih jelasnya klik di sini.

ga ada ruginya kan bisa bahasa prancis??? udah bahasa nya banyak digunakan didunia, terus keren lagi. Yo mulai belajar prancis..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s