article

Asal-usul nama hari bahasa prancis

duh, ribet banget ya nama2 hari dibahasa Prancis….
beda banget ama inggris..biar lebih gampang hapal, liat dulu yoo asal usul dari nama hari di bahasa prancis skalian juga dibandingin ama bahasa inggris n bahasa dieropa lainnya..

Senin:
Hari senin dalam bahasa Inggris Monday asalnya dari Old English, Mōnandæg & Middle English, Monenday, yang artinya Moon Day. Nama ini jika dirunut berasal dari mitologi Nordik, yaitu dewa bulan, Mani. Mani punya saudara perempuan, Sol, yang melambangkan matahari. (Jadi kata solar asalnya dari sini).
Dalam bahasa Prancis, senin disebut Lundi (baca:Langdi). Asalnya dari kata bahasa Latin: lunae dies, artinya dewa bulan. Kemudian diserap dalam bahasa prancis, La Lune.
Dalam bahasa Eropa lainnya: Montag (Jerman), Maandag (Belanda), Lunedi (Italia), Lunes (Spanyol).

Selasa:
Dalam bahasa Inggris berasal dari kata Old English, Tiwesdæg & Middle English, Tewesday, yang artinya hari Tiw. Kedua kata ini berasal dari nama dewa Proto-Germanic, Tiwaz yang diadopsi dari dewa perang mitologi Nordik,
Dalam bahasa Perancis, Mardi (baca: Mardi) berasal dari dewa perang Romawi, Mars. Jadi jabatannya setara sama Tyr. Versi Yunaninya Ares.
Dalam bahasa lain: Dienstag (jerman), Dinsdag (belanda), Martedi (italia), Martes (spanyol).

Rabu
Dalam bahasa Inggris, Wednesday, terambil dari bahasa Old English, Wōdnesdæg & Middle English, Wodnesday, yang artinya hari Woden. Kedua nama ini berakar dari kata Oðinsdagr dari mitologi Nordik (hari Odin).
Odin adalah dewa pemimpin Asgard, alam para dewa Nordik, setara seperti Zeus atau Jupiter. Namun seorang sejarawan Romawi, Tacitus menyamakannya dengan Merkurius (Hermes) karena jabatannya keduannya sama, yaitu penuntun jiwa2 orang mati.
Patung dewa Hermes bisa diliat di perempatan harmoni (masih ada ga ya ?)
Nah, dari tokoh Hermes, terinspirasilah karakter superhero Amerika, The Flash.
Dalam bahasa Prancis lebih jelas, Mercredi (baca: Merkredi), artinya ya hari Merkurius.
Bahasa2 eropa laen: Mittwoch (Jerman), Woensdag (Belanda), Mercoledi (Italia), Miercoles (Spanyol).

Kamis
Dalam bahasa Inggris diturunkan dari bahasa Old English, Þūnresdæg & Middle English, Thuresday, artinya hari Thunor.
Thunor asalnya dari Thunaraz, dewa petir Proto-Germanic yang akarnya dari Thor, dewa petir Nordik, anak dari Odin. Thor itu analog dengan Zeus, Jupiter, dan Indra (dewa petir Hindu).
Bahasa Perancisnya: Jeudi (baca: Zyedi), artinya hari Jupiter.
Dalam bahasa Eropa lain: Donnerstag (Jerman), Donderdag (Belanda), Giovedi (Italia), Jueves (Spanyol).

Jumat
Dalam bahasa Inggris, Friday diambil dari Old English, frīgedæg artinya hari Frige. Kata ini berasal dari nama dewi Nordik, Frigg, dewi kesuburan, kecantikan, dan cinta. Ia adalah ibu tiri Thor & Tyr. Frigg analog dengan dewi Venus dari Romawi atau Aphrodite dari Yunani.
Dalam bahasa perancis nama Venus dipakai menjadi Vendredi (baca: Vangdredi), asalnya dari kata Latin, dies Veneris, artinya hari Venus.
Dalam bahasa lain: Freitag (Jerman), Vrijdag (Belanda), Venerdi (Italia), Viernes (Spanyol). Khusus bahasa Portugal maknanya beda sendiri, sexta-feira, artinya hari ke-6 dalam perayaan liturgi.

Sabtu
Dalam bahasa Inggris, Saturday adalah satu2nya hari yang bukan berasal dari mitologi Nordik, tapi dari mitologi Romawi. Kata Old Englishnya Sæternesdæg , lalu berevolusi jadi Saturday. Akar Latinnya dies Saturni (hari Saturnus).
Dewa yang sama menjadi akar kata bahasa Perancisnya,Samedi (baca: Samdi, bukan Semedi yah  )
Sabtu adalah hari ke-6 dalam kalender modern, tapi hari terakhir dalam kalender Yahudi, karena mereka harus menjalankan ibadah hari Sabat pada hari itu.
Dalam bahasa lain: Samstag (jerman), zaterdag (belanda), Sabato (Italia), Sabado (Spanyol). Bahasa italia & spanyolnya diturunkan dari kata Sabat.

Minggu:
Dalam bahasa inggris Sunday yang asalnya dari bahasa Old English Sunnandæg, yang artinya hari matahari. Dalam bahasa latin disebut dies Solis (day of the sun). Dewa yang menginspirasi nama ini adalah dewa matahari Nordik, Sol. Nama Sol juga dipakai oleh orang Romawi untuk menyebut dewa matahari mereka, Sol Invictus (Unconqered Sun / Matahari yang tak terkalahkan). Dalam mitologi hindu, dewa mataharinya bernama Surya dan dalam mitologi Mesir, namanya Ra.
Pemakaian nama Sol oleh Romawi terkait dengan permulaan musim semi kira2 tanggal 25 Desember. Namun diberi makna baru, yaitu kelahiran Yesus Kristus.
Itulah sebabnya dalam bahasa Perancis <b>(Dimanche) (baca: Dimangs), Italia (Domenica), Spanyol (Domingo), dan Portugal (Domingo) nama hari minggu berarti hari Tuhan. Kata Minggu sendiri diturunkan dari Domingo.

nah, gimana? udah ada gambaran n lebih gampang ingetnya??
ga juga ya, ma’lumlah bahasa prancis turunan dari bahasa latin..jadi banyak nama2 dewanya deh,hhheeeee..
yang penting jadi lebih tao sedikit sejarahnya…Aamiin..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s